OMAH GENTING (Optimalisasi Kesehatan Ibu Hamil Guna Menciptakan Generasi Bebas Stunting)

Main Article Content

Ikha Ardianti

Abstract

Kasus stunting merupakan masalah yang serius yang harus ditangani. Anak yang mengalami stunting akan lebih rentan terhadap penyakit dan akan menggangu tahapan pertumbuhan dan perkembangannya. Dalam prosesnya, periode kritis pertumbuhan yaitu dalam seribu hari pertama kehidupan, dari masa kehamilan sampai dengan usia anak 2 tahun. Perlu adanya optimalisasi kesehatan ibu hamil guna menciptakan generasi bebas stunting.


Metode pelaksanaan program dengan melakukan pencarian data ibu hamil, dan melakukan pemeriksaan TD. Intervensi yang diberikan berupa edukasi tentang nutrisi bagi ibu hamil dan yaitu mengajarkan senam hamil melalui pendampingan ibu hamil dan demonstrasi. Hasil yang didapatkan sebanyak 12 ibu hamil yang diberikan intervensi senam hamil,  sebanyak 9 ibu mau melakukannya secara rutin setiap seminggu sekali yaitu sebanyak 75%, dan sisanya mengaku masih takut sebanyak 3 ibu hami, serta meningkatnya pengetahuan ibu tentang tujuan dan manfaat senam hamil.


Respon yang didapatkan dari pelaksanaan program antara lain minat dan antusiasme ibu untuk mengikuti kegiatan senam hamil, rasa ingin tahu ibu bagaimana melakukan senam hamil, keinginan ibu agar janin yang dikandungnya sehat dan proses persalinannya lancar. Beberapa kepercayaan yang menghambat ketercapaian program antara lain tidak boleh “kakean polah awak lan sikile” atau banyak tingkah banyak gerakan badan dan kakinya nanti bisa keguguran.

Article Details

Section
Articles