Tingkatkan PHBS, Kuatkan Kemandirian Pangan Keluarga

Main Article Content

Fitria Rizky Kurniawati

Abstract

Covid-19 (corona virus disease 2019) adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis coronavirus baru yaitu Sars-CoV-2, yang dilaporkan dapat menimbulkan gejala gangguan pernafasan akut bagi manusia. Covid-19 telah memperlihatkan dampak yang begitu luas dan berakibat bagi kehidupan manusia terhadap semua aspek kehidupan. Tingginya angka kejadiaan infeksi dan merangkak naiknya harga pangan menggerakkan STIKes ICsada Bojonegoro untuk menciptakan sebuah program yang bertujuan meningkatkan PHBS masyarakat serta meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah agar lebih berdaya guna.


Metode yang digunakan adalah dengan door to door namun tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan yang dilakukan adalah dengan memberikan donasi 75 tanaman pangan dan memberikan edukasi terkait cara mencuci tangan, cara memakai masker yang benar serta donasi masker, handwash dan sanitizer kepada keluarga terdampak Covid-19.


Hasil yang dicapai melalui kegiatan ini berupa edukasi kepada masyarakat terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang harus diterapkan di masa pandemi Covid-19. Selain itu juga donasi masker, handwash dan handsanitizer kepada masyrakat sebagai upaya membangun perilaku hidup bersih dan sehat. Tanaman pangan djuga diditribusikan serta diedukasikan manfaatnya yang mana tanaman tersebut akan membantu masyarakat membangun imunitas tubuh

Article Details

Section
Articles