Health Education (HE) Dalam Acara Pemeriksaan Dan Pengobatan Pada Masyarakat Dalam Program “Sahabat Pertamina”

Main Article Content

Bayu Khayudin

Abstract

Kombinasi pengalaman belajar yang dirancang untuk mempermudah adaptasi sukarela terhadap perilaku yang kondusif bagi kesehatan. Data terakhir menunjukkan bahwa saat ini lebih dari 80 persen rakyat Indonesia tidak mampu mendapat jaminan kesehatan dari lembaga atau perusahaan di bidang pemeliharaan kesehatan seperti Akses, Taspen, dan Jamsostek. Golongan masyarakat yang dianggap 'teranaktirikan'


Masyarakat desa kebonagung memiliki jumlah lansia yang lumayan banyak. lansia yang berada dikebon agung merupakan lansia yang jarang sekali mengikuti kegiatan posyandu lansia. kesadaran yang dimiliki lansia terhadap kesehatan belum begitu tinggi. pengetahuan terhadap kesehatan juga masih minim.Oleh karena itu lansia di daerah ini membutuhkan bantuan untuk peningkatan derajat kesehatan.


Masyarakat menjadi subyek paling penting dalam kegaiatan ini. Memandirikan masyarakat serta meningkatkan derjat kesehatan harus melalui penyadaran tentang kesehatan oleh masyarakat.


Capaian hasil yang dicapai untuk pemeriksaan kesehatan gratis sudah bagus dan berhasil dalam menangani masalah kesehatan dasar bagi masyarakat Desa Kebon agung dari awal kegiatan sampai dengan akhir kegiatan.


Koordinasi dengan panitia atau kader mengenai alokasi waktu dan tempat penyelenggaraan, jenis kegaitan tambahan lebih ditingkatkan lagi agar tidak terjadi kebosanan peserta pengobatan gratis dan Health education

Article Details

Section
Articles