Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Ilmu Kesehatan MAKIA?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

PEDOMAN PENULIS UMUM

  1. Naskah harus ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dan belum pernah diterbitkan atau tidak dalam proses pengajuan untuk publikasi ke media lain dan tidak mengandung unsur plagiarisme.
  2. Naskah dapat berupa hasil penelitian.
  3. Penulis harus mendaftar sebagai penulis.
  4. Naskah akan diterbitkan di Jurnal Ilmu Kesehatan MAKIA, setelah direview oleh peer reviewer.
  5. Naskah harus disiapkan sesuai dengan pedoman dan Template.

 

STRUKTUR NASKAH

 1. Judul.

Judul harus pendek, cerah, dan informatif, tetapi tidak melebihi 12 kata. Itu harus tepat dengan masalah yang dibahas. Judul artikel tidak mengandung singkatan yang tidak biasa. Ide-ide utama harus ditulis pertama dan diikuti oleh penjelasannya.
Nama dan institusi penulis.
Nama penulis harus disertai dengan lembaga penulis, dan alamat email, tanpa gelar akademik dan jabatan.


2. Abstrak.
Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak dibuat dalam satu paragraf yang terdiri dari latar belakang, tujuan, metode penelitian, hasil, kesimpulan dan kata kunci (3-5 frasa).


3. Pengantar.
Pendahuluan harus mengandung (singkat dan berurutan) latar belakang umum dan tinjauan literatur (canggih), masalah penelitian utama dan metode penelitian. Di bagian akhir pendahuluan, tujuan penulisan artikel harus dinyatakan.


4. Metode Pastikan pekerjaan itu dapat diulang sesuai dengan rincian yang disediakan. Ini berisi informasi teknis dari penelitian yang disajikan dengan jelas. Oleh karena itu, pembaca dapat melakukan penelitian berdasarkan teknik yang disajikan. Diperlukan spesifikasi material dan peralatan. Pendekatan atau prosedur studi bersama dengan metode analisis data harus disajikan.


5. Hasil dan Diskusi. Bagian ini terdiri dari hasil penelitian dan bagaimana mereka dibahas.
Hasil yang diperoleh dari penelitian harus didukung oleh data yang memadai.
Hasil penelitian dan penemuan harus menjadi jawaban, atau hipotesis penelitian yang dinyatakan sebelumnya di bagian pendahuluan.


6. Kesimpulan.
Kesimpulan harus menjawab tujuan penelitian dan penemuan penelitian. Komentar penutup tidak boleh hanya berisi pengulangan hasil dan diskusi atau abstrak.
Anda juga harus menyarankan penelitian di masa depan dan tunjukkan yang sedang berlangsung.


7. Referensi.
Literatur yang tercantum dalam Referensi hanya berisi sumber-sumber yang dirujuk atau disertakan dalam artikel.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:

Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.

Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.

Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.

 

Jurnal Ilmu Kesehatan MAKIA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

 

Biaya Penulis

Jurnal ini menarik biaya dari biaya penulis berikut ini.

Penyerahan artikel: 0,00 (IDR)
Penulis diminta untuk membayar biaya penyerahan artikel sebagai bagian dari proses penyerahan untuk berkontribusi pada biaya review.

Penerbitan artikel: 200000,00 (IDR)
Jika naskah ini diterbitkan, Anda akan dikenakan penerbitan artikel.