Pengaruh Pemberian Buku Saku Terhadap Upaya Pemantauan Perkembangan Anak Di Desa Sumberagung Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro
DOI: 10.37413/jmakia.v10i2.109Sari
ABSTRAK
Peran ibu sangatlah urgent dan krusial terutama dalam mendidik anak. Salah satu peran ibu adalah mengenali perkembangan anaknya sedini mungkin, memberikan stimulasi pada tumbuh kembang anaknya secara menyeluruh baik aspek fisik, mental maupun sosial. Masalah yang terjadi pada perkembangan anak adalah keterlambatan perkembangan pada anak yang disebabkan kurang aktifnya ibu dalam memantau perkembangan anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian buku saku terhadap upaya pemantauan perkembangan anak di desa Sumberagung Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro tahun 2018.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasy eksperiment dengan rancangan one group pre and post design . Responden dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia 1-3 tahun yang berjumplah 30 responden. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian buku saku terhadap upaya pemantauan perkembangan anak, upaya pemantauan perkembangan anak sebelum dan sesudah diberikan buku saku dengan nilai significant P = 0,01 maka H0 ditolak.
Kata Kunci : Anak, Pemantauan, Perkembangan
ABSTRACT
The role of mothers is very urgent and crucial, especially in educating children. One of the mother’s roles is to recognize the development of her child as early as possible, to stimulate her child’s overall development, both physical, mental and social aspects. Problems that occur in child development are developmental delays in children caused by the mother’s inactivity in monitoring the child’s development.
The study aims to determine whether there is an effect of providing pocket books on effort to monitor child development in Sumberagung village, Dander District, Bojonegoro Regency in 2018.
This study used a quasy experimental research design with one group pre and post design. Respondents in this study were mothers who have children aged 1-3 years with a total of 30 respondents. Data analysis used the Wilcoxon Sign Rank Test.
The results of this study indicate that there is an effect of providing pocket books on efforts to monitor children’s development, efforts to monitor children’s development before and after being given pocketbooks with a significant value of P = 0,01, so H0 is rejected.
Keyword : Children, Monitoring, Development
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.