Demonstrasi First Aid Pada Polisi Untuk Penanganan Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Main Article Content

Bayu Akbar Khayudin
Angger H.S

Abstract

ABSTRAK


Latar belakang : Prehospital care merupakan pelayanan yang dilakukan oleh perawat ambulan di luar rumah sakit pada keadaan gawat darurat baik trauma maupun non trauma. Salah satu contoh penyebab kejadian gawat darurat adalah kecelakaan lalu lintas. Penolong korban kecelakaan yang sering dijumpai dan memberikan first aid adalah petugas kepolisian. Akan tetapi keterampilan petugas kepolisian dalam memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan masih dipertanyakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan polisi dalam memberikan pertolongan pertama kecelakaan lalu lintas.


Desain pra eksperimental dengan rancangan one group pretest posttest design. sample yang diambil sebanyak 50 responden dengan Teknik non probability sampling yaitu purposive sampling.


Hasil penelitian menyatakan bahwa sebelum diberikan demonstrasi first aid menunjukkan responden yang memiliki keterampilan cukup yaitu 50 responden (100%). setelah dilakukan demonstrasi first aid sebagian besar responden setelah dilaksanakan demonstrasi memiliki keterampilan cukup yaitu 35 responden (70%) dan 15 responden (30%) memiliki keterampilan baik. Berdasarkan uji Wilcoxon signed ranks test nilai signifikansi yang diperoleh adalah Sig. 0.000.


Kesimpulannya bahwa ada pengaruh demonstrasi first aid pada polisi lalu lintas untuk penanganan korban kecelakaan lalu lintas.


Kata Kunci : Polisi, Kecelakaan, Pertolongan Pertama

Article Details

Section
Articles