Hubungan Kualitas Skenario Dengan Keefektifan Diskusi Kelompok Pada Metode Problem Based Learning Di FIK UNISSULA

Main Article Content

Retno Issroviatiningrum
Denti Wijaya Kusumaningsih
Muh. Abdurrouf

Abstract

ABSTRAK


Latar Belakang: PBL merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan berkelompok & kolaboratif, terdapat seorang tutor dan skenario sebagai pencetus diskusi. Faktor penting PBL kualitas skenario, kinerja tutor yang berpengaruh terhadap keefektifan diskusi kelompok & berdampak pada pencapaian hasil belajar.


Metode: Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode deskriptif korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah responden sebanyak 95 responden.  


Hasil: Hasil penelitian diperoleh dari 95 responden, sebagian besar memiliki karakteristik jenis kelamin perempuan dengan persentase 86,3%, kualitas skenario dengan kategori cukup baik 63,2%, & keefektifan diskusi dengan kategori baik 51,6%. Pada kualitas skenario dengan keefektifan diskusi p-value 0,000 dengan keeratan hubungan kuat (0,618) serta arah hubungan positif.


Kesimpulan dan Saran: Penelitian ini didapatkan ada hubungan kualitas skenario dengan keefektifan diskusi kelompok pada metode belajar PBL di FIK Unissula. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan kualitas skenario yang dinilai cukup oleh mahasiswa perlu diperbaiki atau ditingkatkan dan juga mahasiswa ditingkatkan belajarnya agar diskusi berjalan dengan efektif & dapat mencapai keberhasilan belajar.

Article Details

Section
Articles