Pengaruh Pemberian Buku Saku Terhadap Upaya Pemantauan Perkembangan Anak Di Desa Sumberagung Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro

Main Article Content

Ikha Ardianti

Abstract

ABSTRAK


Peran ibu sangatlah urgent dan krusial terutama dalam mendidik anak. Salah satu peran ibu adalah mengenali perkembangan anaknya sedini mungkin, memberikan stimulasi pada tumbuh kembang anaknya secara menyeluruh baik aspek fisik, mental maupun sosial. Masalah yang terjadi pada perkembangan anak adalah keterlambatan perkembangan pada anak yang disebabkan kurang aktifnya ibu dalam memantau perkembangan anak.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian buku saku terhadap upaya pemantauan perkembangan anak di desa Sumberagung Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro tahun 2018.


Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasy eksperiment dengan rancangan one group pre and post design . Responden dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia 1-3 tahun yang berjumplah  30 responden. Analisa data menggunakan  uji Wilcoxon Sign Rank Test.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian buku saku terhadap upaya pemantauan perkembangan anak, upaya pemantauan perkembangan anak sebelum dan sesudah diberikan buku saku dengan nilai significant P = 0,01 maka H0 ditolak.


Kata Kunci       : Anak, Pemantauan, Perkembangan

Article Details

Section
Articles