Penyuluhan Tentang Asi Eksklusif Dan Metode Amenore Laktasi Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Trimester III

Main Article Content

Dina Dewi Anggraini
Maria Magdalena Yuvanti

Abstract

ABSTRAK


Salah satu kontrasepsi yang dapat digunakan pasca persalinan yaitu Metode Amenorea Laktasi (MAL) yaitu kontrasepsi yang mengandalkan pemberian ASI secara eksklusif, artinya dengan metode ini haid tidak muncul teratur selama 6 bulan. ASI Eksklusif adalah pemberian ASI saja pada bayi sejak lahir sampai usia 6 bulan, tanpa tambahan cairan ataupun makanan lain.


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan tentang ASI eksklusif dan metode amenorea laktasi terhadap pengetahuan ibu hamil trimester III. Desain penelitian menggunakan pre eksperimen yang dilakukan di PBM Ny. “S” Kelurahan Bujel Kecamatan Mojoroto Kota Kediri pada bulan Januari 2018. Menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel 30 ibu hamil trimester III.


Hasil analisis data dengan menggunakan uji Wilcoxon didapatkan ρ value = 0,00 < α = 0,05 yang artinya ada pengaruh antara penyuluhan tentang ASI eksklusif dan metode amenore laktasi terhadap pengetahuan ibu hamil trimester III. Setelah mengetahui hasil penelitian diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan kebidanan khususnya memberikan motivasi serta pendampingan pada ibu hamil trimester III agar mengetahui tentang ASI Eksklusif dan Metode Amenore Laktasi.


Kata kunci: ASI Eksklusif, Metode Amenore Laktasi, Pengetahuan

Article Details

Section
Articles