Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Tentang Jajanan Sehat Dengan Perilaku Konsumsi Jajanan Sehat Di SDN Kadipaten 03 Kabupaten Bojonegoro

Main Article Content

Ikha Ardianti

Abstract

ABSTRAK


Kasus bullying pada  anak mengalami peningkatan setiap tahun. Bullying pada anak memberikan berbagai dampak negatif yang berbeda-beda dan dapat menjadi sangat mengkhawatirkan sebab dapat menimbulkan dampak jangka panjang di sepanjang kehidupan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam pengalaman anak usia remaja dengan bullying di Kabupaten Bojonegoro tahun 2017. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Partisipan dalam penelitian ini adalah remaja yang mengalami bullying yang berusia 12-19 tahun yang berjumlah 6 partisipan. Analisa data menggunakan analisa tematik menurut Colaizz’s method.


Hasil penelitian ini teridentifikasi 5 tema yaitu ; 1) Bentuk bullying yang dialami oleh remaja, 2) Kondisi saat mengalami bullying, 3) Dampak setelah mengalami bullying, 4) Mekanisme koping yang dilakukan, 5) Harapan setelah mengalami bullying.


Berdasarkan hasil penelitian, peneliti merekomendasikan bahwa; perawat anak diharapkan melakukan pengembangan model perawatan pada remaja dengan bullying dan melakukan pengembangan model pencegahan bullying  pada remaja dan diperlukan adanya penyusunan kurikulum pendidikan bagi perawat yang di dalamnya terdapat mata kuliah dengan target kompetensinya mahasiswa mampu memiliki kompetensi yaitu dapat memberikan konseling bagi kliennya.


Kata kunci: Pengetahuan, Attitude, Perilaku Konsumsi Jajanan Sehat, SDN Kadipaten 03 Bojonegoro.

Article Details

Section
Articles