Hubungan Perilaku Vulva Hygiene Dengan Kejadian Keputihan Pada Santri Putri Pondok Pesantren Abu Dzarin Bojonegoro

Main Article Content

Errix Kristian Julianto
Maslichah

Abstract

ABSTRAK


Keputihan merupakan salah satu masalah yang sejak lama menjadi persoalan bagi remaja putri. Kurangnya kebersihan genetalia merupakan salah satu penyebab keputihan. Pada kenyataannya masih banyak remaja putri yang tidak melakukan vulva hygiene. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perilaku vulva hygiene dengan kejadian keputihan pada Santri Putri Pondok Pesantren Abu Dzarin Kabupaten Bojonegoro.


Desain penelitian ini menggunakan metode Cross Sectional. Metode sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 115 Santri Putri Pondok Pesantren Abu Dzarin Kabupaten Bojonegoro. Sampel sejumlah 89 santri putri yang memenuhi kriteria inklusi. Variabel yang diteliti adalah variabel independen yaitu perilaku vulva hygiene dan variabel dependen yaitu kejadian keputihan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan uji Chi Square dengan tingkat kemaknaan 0,05.


Hasil penelitian menunjukan remaja putri yang memiliki perilaku positif tentang vulva hygiene sebanyak 35 responden (39,3%)dan 54 responden (60,7%) memiliki perilaku negatif. Dan didapatkan 53 responden (59,6%) mengalami keputihan dan 36 responden (40,4%) tidak mengalami keputihan. Hasil uji Chi Square menunjukkan nilai sig.  = 0,000 berarti < 0,05 sehingga H  ditolak dan  diterima sehingga ada hubungan perilaku vulva hygiene dengan kejadian keputihan pada Santri Putri Pondok Pesantren Abu Dzarin Kabupaten Bojonegoro. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi yang memilki perilaku negatif tentang vulva hygiene maka semakin tinggi kejadian keputihan.


Kata Kunci : Perilaku Vulva Hygiene, Kejadian Keputihan

Article Details

Section
Articles