Pengaruh Rebusan Daun Alpukat Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Hipertensi Di Desa Prambatan Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro

Main Article Content

Moh. Roni Faqih

Abstract

ABSTRAK


Hipertensi menjadi masalah pada lanjut usia karena ditemukan dan menjadi faktor utama payah jantung dan penyakit jantung koroner (Nugroho , 2008). Akibat dari proses menua, pembuluh darah menjadi kaku dan menyebabkan dinding ventrikel kiri berkurang elastisnya, akibatnya kenaikan tekanan darah terjadi secara progresif (Azizah, 2011). Hipertensi yang dialami oleh lansia di Desa Prambatan Kec. Balen kabupaten Bojonegoro semakin meningkat karena selama ini penanganan hipertensi hanya diberikan terapi farmakologi saja. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut secara non farmakologi dengan rebusan daun alpukat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rebusan daun alpukat terhadap penurunan tekanan darah pada lansia hipertensi di Desa Prambatan Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro.


Desain yang digunakan dalam penelitian ini, adalah Quasy experiment Pre Test Post Test control group Design. Populasi seluruh lansia yang mengalami hipertensi di Desa Prambatan Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro sebanyak 40 responden, besar sampel pada penelitian ini berjumlah 36 responden dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol, dengan teknik total sampling. Variabel independent adalah trebusan daun alpukat dan variable dependent adalah penurunan tekanan darah. Data yang didapat melalui lembar observasi MAP kemudian dianalisa deskriptif untuk mengetahui perbedaan perubahan rerata tekanan darah.


Hasil uji statistik dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test perhitungannya yang dilakukan dengan menggunakan SPSS 16,0 dengan tingkat kemaknaan ρ=0,05 didapatkan hasil tekanan darah sistolik ρ=0,003 dan tekanan darah diastolik ρ=0,027 yang berarti lebih kecil dari tingkat kemaknaan ρ<0,005


 Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah ada pengaruh rebusan daun alpukat terhadap penurunan tekanan darah pada lansia hipertensi. Melihat hasil penelitian ini maka rebusan daun alpukat ini dapat dijadikan sebagai terapi alternative tambahan selain dengan terapi farmakologi dalam mengatasi hipertensi pada lansia.


Kata Kunci       : Rebusan daun alpukat, Hipertensi, Lansia

Article Details

Section
Articles